You need to enable javaScript to run this app.

Mendeteksi Minat dan Bakat Siswa MA Walisongo melalui ABM

Mendeteksi Minat dan Bakat Siswa MA Walisongo melalui ABM

 

Madrasah Aliyah Walisongo Pecangaan Jepara melaksanakan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) berbasis Komputer Tahun 2023 pada hari Rabu, 22 November.

Pelaksanaan ABM berbasis Komputer ini dilaksanakan selama satu hari yang diikuti oleh 35 siswa yang terdiri dari siswa kelas XII Siswa MA Walisongo, yang dibagi menjadi dua sesi, masing-masing sesi terdiri dari 17 dan 18  siswa. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Lab. Komputer yang didampingi oleh pengawas dan Proktor.

Kepala  MA Walisongo, Bapak Ainun Najib S,Pd.I. memantau langsung pelaksanaan Asesmen Bakat dan Minat, beliau mengatakan tujuan utama asesmen bakat dan minat adalah membantu siswa menghubungkan hasil evaluasi dengan pilihan pendidikan dan karier yang sesuai dengan bakat, minat dan kepribadiannya. Dengan demikian, siswa dapat membuat keputusan yang penting bagi masa depannya dengan lebih tepat.

 

"Tujuan dari diadakannya asesmen minat dan bakat ini untuk mengetahui kemampuan dan potensi akademik para siswa/i, misalkan jika ingin kuliah maka jurusan apa yang paling tepat atau mungkin jika ingin berusaha usaha apa yang paling tepat. Jadi ini untuk menggali Potensi mereka terkhusus untuk kelas XII yang nantinya akan melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau saat mereka memasuki dunia kerja sehingga mereka benar-benar memilih bidang sesuai dengan kemampuannya masing-masing”, Ungkap Kamad.

Adapun aspek yang diukur dalam Tes Bakat terdiri atas Kemampuan Verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, klerikal dan penggunaan bahasa serta dilengkapi dengan tes minat.

Pelaksana Kegiatan ABM ini diharapkan dapat membuat arah pengembangan diri para peserta didik secara lebih jelas dan terencana. (R/K)

 

Bagikan artikel ini:
Ainun Najib, S.Pd.I

- Kepala Sekolah -

Assalamu’alaikum Wr Wb Bismillahirrahmanirrahim Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan kehadirat Illahi Robbi, karena telah memberikan kesempatan dan nikmat yang luar…

Berlangganan
Banner